Senin, 25 Februari 2013

Teori Keperawatan Margaret Newman


BAB I
PENDAHULUAN



A.           LATAR BELAKANG
Pelaksanaan asuhan keperawatan merupakan aplikasi unsur dan konsep dari beberapa teori dan model keperawatan yang di adopsi, digabung, dikembangkan serta  dilaksanakan. Kemungkinan diantaranya  teori dan model yang mewarnai asuhan keperawatan yaitu teori yang dikemukakan oleh Margaret Newman yang dikenal dengan teori kesehatan untuk memperluas kesadaran.
Teori kesehatan tersebut akan dibahas dengan konsep yang merupakan abstraksi atau pengertian dari suatu fenomena yang kepadanya diberikan nama atau istilah untuk dapat mengkomunikasikan tentang realita/fenomena tersebut. sedangkan pengertian teori merupakan suatu cara menjelaskan satu atau beberapa segmen dari dunia empiris dan dapat digunakan untuk menggambarkan, menjelaskan, meramalkan dan atau mengendalikan segmen tersebut.
Dalam teori kesehatan memperluas kesadaran (HEC) yang dirangsang oleh kekhawatiran bagi mereka untuk siapa kesehatan sebagai tidak adanya penyakit atau kecacatan tidak mungkin. Perawat sering berhubungan dengan orang-orang seperti: orang menghadapi ketidakpastian, kelemahan, kerugian dan akhirnya kematian terkait dengan penyakit kronis. Teori ini telah berkembang untuk memasukkan kesehatan semua orang terlepas dari ada atau tidak adanya penyakit. Teori ini menyatakan bahwa setiap orang dalam setiap situasi, tidak peduli seberapa teratur dan harapan itu mungkin tampak, merupakan bagian dari proses universal memperluas kesadaran - sebuah proses menjadi diri sendiri, untuk menemukan makna yang lebih besar dalam hidup, dan mencapai dimensi baru keterhubungan dengan orang lain dan dunia "(Newman, 2010). Manusia terbuka untuk sistem energi seluruh alam semesta dan terus-menerus berinteraksi dengan energi. Dengan ini proses interaksi manusia yang berkembang pola masing-masing dari keseluruhan.
Menurut pemahaman Newman pola kesehatan sangat penting. Kesadaran akan memperluas pengenalan pola.  Manifestasi penyakit tergantung pada pola individu sehingga patologi dari penyakit ada sebelum gejala muncul sehingga penghapusan gejala penyakit tidak mengubah struktur individu. Newman juga mengubah keperawatan sesuai dengan perawat adalah proses mengenali individu dalam kaitannya dengan lingkungan dan itu adalah proses pemahaman kesadaran. Perawat membantu untuk memahami orang untuk menggunakan kekuatan dalam mengembangkan tingkat kesadaran yang lebih tinggi. Oleh karena itu membantu untuk mewujudkan proses penyakit, pemulihan dan pencegahan.  Newman juga menjelaskan keterkaitan waktu, ruang dan gerakan. Waktu dan ruang adalah pola temporal dari individu, keduanya memiliki hubungan yang saling melengkapi.  Manusia selalu berubah melalui waktu dan ruang dan itu menunjukkan pola yang unik dari realitas.

B.            TUJUAN
1.             Tujuan Umum
Mampu  memahami konsep model keperawatan menurut Margaret Newman dalam Asuhan Keperawatan.
2.             Tujuan Khusus
a.    Memahami konsep model teori Margaret Newman
b.        Mampu menghubungkan model konsep Margaret Neuman dengan proses keperawatan,
c.    Mampu menyelesaikan kasus keperawatan sesuai konsep Margaret  Newman



































BAB II
KONSEP DASAR MODEL KEPERAWATAN MARGARET NEWMAN


A.      SEJARAH

Margaret Newman lahir pada tanggal 10 Oktober 1933 di Memphis Tennessee. Pada tahun 1954 ia meraih gelar pertamanya Sarjana Ekonomi Rumah dan Inggris dari Baylor University di Waco, Texas. Pendidikan yang diperoleh pada tahun 1962 ia menerima gelar sarjananya dalam Keperawatan dari University of Tennessee, Memphis. Pada tahun 1964 ia menerima gelar Master nya Medical-Surgical Nursing dan Pengajaran di University of California di San Francisco. Pada tahun 1971 ia menyelesaikan Doktor nya Ilmu Keperawatan dan Rehabilitasi di New York University.
Margaret Newman merasa selama beberapa tahun sebelum keputusannya untuk memasuki lapangan. Selama waktu itu ia menjadi pengasuh utama dari ibunya, yang menjadi sakit dengan amyotrophic lateral sclerosis. Setelah memasuki keperawatan di University of Tennessee, Memphis. Dr Newman tahu segera bahwa keperawatan yang tepat untuknya. Fenomena manusia dalam kompleksitas kesehatan dan penyakit yang menantang dan menuntut, karena dia telah mengatakan, dari "terbaik dari intelektualitas saya serta maksimal kemanusiaan saya" (Newman, 1986; 1994). Setahun setelah menerima gelar sarjana keperawatannya ia masuk studi pascasarjana di medis-bedah keperawatan di University of California, San Francisco, menerima gelar master pada tahun 1964. Selama interim tiga tahun sebelum melanjutkan studi pascasarjana, ia menjabat dalam kapasitas bersama sebagai direktur keperawatan dari pusat penelitian klinis dan asisten profesor keperawatan di University of Tennessee di Memphis.
Sepuluh tahun berikutnya dihabiskan dalam studi pascasarjana (Ph.D., 1971) dan mengajar (1.971-1.977) di New York University. Dia mulai mengembangkan ide-ide dan penelitian tentang teori keperawatan baik sebagai mahasiswa dan kolega Martha Rogers. Pada musim gugur 1977, ia menjabat sebagai profesor-biaya dalam-studi pascasarjana di keperawatan di Penn State. Dalam menanggapi undangan untuk berbicara di sebuah konferensi tentang teori keperawatan di New York pada tahun 1978, Dr Newman mengumpulkan ide-idenya pada teori kesehatan dan disajikan mereka untuk pertama kalinya. Pada saat yang sama ia mengejar penelitian tentang hubungan gerakan, waktu dan kesadaran, dan memperluas pengembangan teori kesehatan sebagai perluasan kesadaran. Pada tahun 1984 ia diasumsikan posisi sebagai teori perawat di University of Minnesota, melanjutkan pengembangan teori dan penelitian terkait dengan bantuan dari mahasiswa pascasarjana. Dia pensiun dari mengajar pada tahun 1996.










B.       KONSEP DASAR MODEL KEPERAWATAN MARGARET NEWMAN
1.      Kesehatan sebagai kesadaran mengembangkan.
Kesehatan Newman sebagai Memperluas Kesadaran dipengaruhi oleh Martha Rogers. Newman (2003) menulis:
Teori kesehatan sebagai perluasan batang kesadaran dari teori Rogers 'dari Manusia Kesatuan. Asumsi Rogers 'mengenai pola orang dalam interaksi dengan lingkungan sekitarnya merupakan dasar bagi pandangan bahwa kesadaran merupakan perwujudan dari pola berkembang dari orang-interaksi lingkungan. Consciouness tidak hanya mencakup kesadaran kognitif dan afektif biasanya terkait dengan kesadaran, tetapi juga keterkaitan sistem Libing keseluruhan, yang mencakup pemeliharaan physiochemical dan proses pertumbuhan serta sistem kekebalan tubuh. Pola informasi, yang merupakan kesadaran dari sistem, merupakan bagian dari pola yang lebih besar, tak terbagi dari alam semesta yang mengembang.
Teori Newman pengenalan pola menyediakan dasar untuk proses perawat-klien interaksi. Newman menyarankan bahwa tugas dalam intervensi adalah pengenalan pola dilakukan oleh profesional kesehatan menjadi sadar akan pola orang lain dengan menjadi berhubungan dengan pola mereka sendiri. Newman menyarankan bahwa profesional harus fokus pada pola orang lain, bertindak sebagai "balok acuan dalam hologram".
2.      ASUMSI
a.       Kesehatan meliputi kondisi sampai sekarang digambarkan sebagai penyakit, atau, dalam istilah medis, patologi
b.      Kondisi patologis dapat dianggap sebagai manifestasi dari pola total individu
c.       Pola individu yang akhirnya memanifestasikan dirinya sebagai patologi primer dan ada sebelum perubahan struktural atau fungsional
d.      Penghapusan patologi itu sendiri tidak akan mengubah pola indivdual
e.       Jika menjadi sakit adalah satu-satunya cara pola individu dapat terwujud, maka itu adalah kesehatan untuk orang tersebut
f.       Kesehatan merupakan perluasan kesadaran.
3.      Konsep Utama Newman
1.      Kesehatan: menyangkut penyakit dan non penyakit, ekspilasi pola yang mendasari individu dan lingkungan. Sebagai suatu proses perkembangan kesadaran diri dan lingkungan bersama-sama dengan  peningkatan kemampuan untuk mempersepsikan alternatif dan berespon dalam berbagai cara.
2.      Pola: apa yang mengidentifikasi individual sebagai seseorang yang khusus
3.      Kesadaran: kapasitas informasional sistem: kemampuan sistem berinteraksi dengan lingkungannya (waktu, pergerakan dan ruang)



C.      PARADIGMA KEPERAWATAN

Potential Freedom                                                                             Real Freedom
           1                                                                                                            7
         Binding                                                                                            Unbinding
              2                                                                                                          6
                   Centering                                                                     De- Centering
                             3                                                                                       5                                                                                 




Choice
4
Gambar 1. Arthur Young’s Sequencing of Human Evolution

1. Hubungan dengan Konsep paradigma

Newman telah ditunjuk "peduli dalam pengalaman kesehatan manusia" sebagai fokus disiplin keperawatan dan telah ditetapkan fokus sebagai paradigma dari disiplin.

a.       Perawatan
Untuk membantu klien mendapatkan berhubungan dengan makna kehidupan mereka dengan identifikasi pola mereka berhubungan. Intervensi ini adalah bukan bentuk intervensi di mana kehadiran perawat membantu klien untuk mengenali pola mereka sendiri berinteraksi dengan lingkungan. Memfasilitasi pengenalan pola pada klien dengan membentuk hubungan dengan mereka pada titik kritis dalam kehidupan mereka dan menghubungkan dengan mereka dengan cara yang otentik. Hubungan perawat dengan klien ditandai oleh "berirama datang bersama-sama dan bergerak terpisah sebagai klien mengalami gangguan yang terorganisir dan diprediksi mereka. Perawat dilihat sebagai mitra dalam proses perluasan kesadaran tentang kesehatan.
b.      Individu
Manusia sebagai individu yang diidentifikasi oleh pola masing-masing kesadaran.
Manusia lebih lanjut didefinisikan sebagai "pusat kesadaran" dalam pola keseluruhan memperluas kesadaran kesehatan " Definisi individu juga telah diperluas untuk mencakup keluarga dan masyarakat.
c.       Lingkungan
Lingkungan tidak secara eksplisit didefinisikan tetapi digambarkan sebagai keseluruhan yang lebih besar, yang berada di luar kesadaran individu.
d.      Kesehatan
Sebuah penyakit dan non-penyakit menciptakan sintesis yang dianggap sebagai kesehatan. Penyakit dan non-penyakit masing-masing refleksi dari keseluruhan yang lebih besar, sehingga konsep "pola keseluruhan" baru terbentuk.
Newman telah menyatakan bahwa pengenalan pola adalah inti dari kesehatan muncul. Manifest kesehatan, penyakit mencakup dan non-penyakit dapat dianggap sebagai penjelasan dari pola yang mendasari orang-lingkungan.


D.      Pengkajian Keperawatan

1.      Kesehatan:
menyangkut penyakit dan non penyakit, ekspilasi pola yang mendasari individu dan lingkungan. Sebagai suatu proses perkembangan kesadaran diri dan lingkungan bersama-sama dengan  peningkatan kemampuan untuk mempersepsikan alternatif dan berespon dalam berbagai cara.
2.      Pola
Apa yang mengidentifikasi individual sebagai seseorang yang khusus
3.      Kesadaran:
Kapasitas informasional sistem: kemampuan sistem berinteraksi dengan lingkungannya (waktu, pergerakan dan ruang)

3 komentar:

Unknown mengatakan...

ijin copas ya Gan :), ane butuh banget info.a.. tks :)

Unknown mengatakan...

monggo.. silahkan

Unknown mengatakan...

Terima kasih

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Eagle Belt Buckles