Senin, 25 Februari 2013

Teori keperawatan Hildegard E. Peplau


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
           Ilmu Keperawatan adalah suatu ilmu yang mempelajari pemenuhan kebutuhan dasar manusia mulai dari biologis, psikologis, sosial dan spiritual. Pemenuhan dasar tersebut diterapkan dalam pemberian asuhan keperawatan dalam praktik keperawatan profesional. Untuk tercapainya suatu keperawatan professional diperlukan suatu pendekatan, yang disebut “Proses Keperawatan” dan “Dokumentasi” keperawatan sebagai data tertulis yang menjelaskan tentang penyampaian informasi (komunikasi), penerapan sesuai standart praktik, dan pelaksanaan proses keperawatan.
Untuk menjalankan tugas keperawatan, banyak teori keperawatan yang digunakan, salah satunya adalah Hildegard E. Peplau. Model konsep dan teori keperawatan yang dijelaskan oleh Peplau menjelaskan tentang kemampuan dalam memahami diri sendiri dan orang lain yang menggunakan dasar hubungan antar manusia yang mencakup 4 komponen sentral yaitu klien, perawat, masalah kecemasan yang terjadi akibat sakit (sumberkesulitan) dan proses interpersonal.
Sepanjang karirnya, Dr. Hildegard Peplau menjadi pioneer di keperawatan. Peplau lahir pada tahun 1909 di Pennsylvania dan mengawali karirnya setelah lulus dari Diploma Keperawatan di Pottstown, Pennsylvania tahun1931. Setelah itu, dia lulus dari Bennington College dengan gelar BA di Psycology Interpersonal tahun 1943, dan dari Columbia University di New York dia meraih gelar MA di keperawatan Psyciatric tahun 1947. Selain itu, gelar EdD dia peroleh di Curriculum Development tahun 1953.
Hildegard Peplau mempublikasikan buku “Interpersonal Relations In Nursing” pada tahun 1952. Dia juga mempublikasikan beberapa artikel di majalah professional pada cakupan topik mulai dari konsep interpersonal hingga isu – isu terkini  di keperawatan. Pamfletnya yang berjudul “Basic principles of patient counseling” dia dapatkan melalui penelitian & whorkshopnya.
Dr. Peplau dikenal secara nasional dan internasional sebagai seorang perawat dan pencetus/leader di perawatan kesehatan. Dia juga berkecimpung di organisasi meliputi WHO, the National Institute of mental Health dan Persatuan Perawat (Nurse Corps). Dr.Peplau pensiun pada tahun 1974, namun dia melanjutkan menulis jurnal & buku – buku professional.
Peplau melihat antara perawat dan pasien “berpartisipasi & berkontribusi ke dalam hubungan, dimana hubungan itu sendiri menjadi terapeutik. Pandangan tersebut yang dibuat formula “Psychodynamic nursing” pada tahun 1952 dan selanjutnya disebut “a theory of interpersonal relations” pada tahun 1952.

1.2  Perumusan Masalah
Perumusan  masalah dalam makalah ini adalah menganalisis Teori Hubungan Interpersonal /Interpersonal relations Theory  yang berfokus pada asumsi theorist mengenai hubungan interpersonal yang terdiri dari empat fase, serta aplikasi pada proses keperawatan

1.3  Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.   Mengidentifikasi Sumber Teori Hildegard E Peplau
2.   Menjelaskan Teori keperawatan oleh Hildegard E. Peplau
3.   Menjelaskan Tahapan/fase dalam keperawatan menurut Hildegard E. Peplau
4.   Menjelaskan asumsi utama  teori peplau terhadap empat konsep sentral disiplin ilmu keperawatan meliputi: keperawatan, manusia, kesehatan dan lingkungan.
5.   Menjelaskan hubungan Tahapan keperawatan Peplau dengan Proses keperawatan
6.   Menganalisis “International relations in nursing” oleh Peplau menggunakan proses keperawatan sebagai pendekatan aplikatif dalam asuhan keperawatan.

1.4  Manfaat
Makalah  ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman perawat tentang “International relations in nursing” sehingga dapat diterapkan pada praktek keperawatan  dalam mangaplikasikan asuhan keperawatan.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA


2.1 Sumber Teori Hildegard E Peplau
Peplau memasukkan pengetahuan ke dalam kerangka konseptualnya yang pada akhirnya berkembang menjadi model keperawatan berbasis teori. Peplau menggunakan pengetahuan yang dikutip dari ilmu perilaku dan model psikologikal untuk mengembangkan teori hubungan interpersonal. Kutipan dari model psikologikal menyatakan bahwa “ memungkinkan bagi perawat untuk saatnya berpindah dari orientasi terhadap penyakit ke salah satu bagian dari psikologi, perasaan, serta perilaku yang dapat di eksplore dan dimasukkan ke dalam intervensi keperawatan. Hal ini memberikan kesempatan kepada perawat untuk mengajari pasien bagaimana cara mengungkapkan perasaan serta bagaimana cara menunjukkan perasaan tersebut. Hary Stack Sullivan, Percival Symonds, Abraham Maslow, Bella Mittleman dan Neal Elgar Miller adalah merupakan tokoh – tokoh sumber utama Peplau didalam mengembangkan kerangka konseptualnya. Bahkan beberapa konsep terapeutik ia dapatkan secara langsung dari tokohnya sendiri yakni Freud dan Fromm (Tomey & Alligood, 1998).

2.2 Teori Keperawatan Hildegard E. Peplau
Peplau mendefinisikan konsep utama teorinya sebagai “psychodynamic nursing” karena bertujuan memahami  suatu perilaku untuk membantu orang lain mengidentifikasi kesulitan yang dimilikinya dan untuk mengaplikasikan prinsip – prinsip human relation dalam menyelesaikan masalah yang dibangun dari semua tingkat pengalaman (Tomey & Alligood, 1998).
Menurut Peplau, keperawatan adalah terapeutik karena hal ini mengandung suatu seni menyembuhkan, menolong individu yang sakit atau membutuhkan pelayanan kesehatan. Keperawatan dapat dipandang sebagai satu proses interpersonal karena melibatkan interaksi antara dua atau lebih individu dengan tujuan yang sama. Dalam keperawatan tujuan bersama ini akan mendorong kearah proses terapeutik dimana perawat dan pasien saling menghormati satu dengan yang lain sebagai individu, kedua-duanya mereka belajar dan berkembang sebagai hasil dari interaksi. Belajar menempatkan diri saat individu mendapat stimulus dalam lingkungan dan berkembang penuh sebagai reaksi kepada stimulus tersebut (George, 1995).
Untuk mencapai tujuan ini atau tujuan-tujuan yang lain di capai melalui penggunaan serangkaian langkah-langkah dan pola yang pasti. Saat hubungan perawat dan pasien berkembang pada pola terapeutik ini, ada cara yang fleksibel dimana fungsi perawat dalam berpraktek – dengan membuat penilaian – dengan keahlian yang didapatkan melalui ilmu pengetahuan, serta dengan menggunakan kemampuan teknis dan berbagai  asumsi (George, 1995).
Ketika perawat dan pasien mengidentifikasi satu masalah pertama kalinya, mereka mulai menyusun tindakan yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Masing – masing  pendekatan yang gunakan sebagai tindakan nantinya, tergantung dari perbedaan latar-belakang dan keunikan individu. Setiap individu dapat pandang sebagai satu struktur yang unik biologis-psikologis-spritual-sosial, dimana reaksi antara individu satu dengan yang lain tidak sama (George,1995). 
Perawat dan pasien mempelajari persepsi yang unik tersebut dari perbedaan lingkungan, adat-istiadat, kebiasaan, dan kepercayaan  yang membentuk budaya individu tersebut. Setiap orang mempunyai pemikiran yang berbeda sehingga mempengaruhi persepsi dan perbedaan persepsi inilah sangat penting dalam proses interpersonal. Sebagai tambahan lagi, perawat harus memiliki pengetahuan keperawatan seperti managemen stress-krisis dan pengembangan teori, yang akan memberikan arahan pada pemahaman yang lebi tentang peran perawat professional pada proses terapeutik. Sebagai   perawat dan pasien yang berhubungan terus harus mengerti peran masing-masing dan faktor – faktor yang mempengaruhi masalah. Dari pemahaman tersebut, perawat dan pasien berkolaborasi serta sharing sesuai tujuan yang ingin dicapai hingga masalah dapat teratasi (George, 1995).
Selama perawat dan klien bekerja sama, mereka akan memiliki banyak pengetahuan dan kematangan berfikir selama proses. Peplau (1952/1988) memandang keperawatan sebagai “ maturing force and an educative instrument”. Dia percaya bahwa keperawatan adalah hasil pengalaman belajar mengenai diri sendiri sebaik individu lainnya yang terlibat dalam hubungan interpersonal. Konsep ini didukung oleh Genevieve Burton penulis lain tentang keperawatan (1950)  mengatakan bahwa “ tingkah laku orang lain harus dimengerti agar dapat mengerti diri sendiri secara jelas”. Seseorang yang sadar dengan perasaannya sendiri, persepsinya sendiri serta tindakannya sendiri, akan lebih sadar terhadap reaksi orang lain (George,1995).
Masing – masing terapeutik memberikan pengaruh pada pengembangan personal dan professional antara perawat dan pasien. Selama perawat bekerja sama dengan pasien untuk menyelesaikan masalah disetiap kehidupan, maka praktek perawat tersebut akan menjadi bertambah efektif. Masing – masing individu perawat mempunyai pengaruh secara langsung terhadap dirinya serta kemampuannya dalam terapeutik dan hubungan interpersonal (George,1995).
Peplau mengidentifikasi empat tahapan hubungan interpersonal yang saling berkaitan yaitu: (1) orientasi, (2) identifikasi,  (3) eksploitasi, (4) resolusi. Setiap tahap saling melengkapi dan berhubungan sebagai satu proses untuk penyelesaian masalah (George,1995) 

2.3 Fase - fase dalam Keperawatan menurut Peplau
            Hubungan perawat-pasien menurut Peplau dideskripsikan sebagai empat fase, meskipun terpisah, fase – fase tersebut overlap/tumpang tindih dan terjadi terus menerus selama hubungan itu terjalin.
1. Orientasi
          Pada tahap awal orientasi, perawat dan pasien bertemu sebagai dua orang asing. Pasien dengan keluarga memiliki "felt need” (kebutuhan yang dirasakan), oleh karena itu bantuan profesional akan dicari. Namun, kebutuhan ini tidak dapat dengan mudah diidentifikasi atau dipahami oleh individu-individu yang terlibat.Ini sangat penting bahwa perawat bekerja sama dengan pasien dan keluarga dalam menganalisis situasi, sehingga mereka bersama-sama dapat mengenali, memperjelas, dan mendefinisikan masalah yang ada. Contoh: Perawat dalam peran konselor membantu gadis remaja yang merasa "sangat down". Untuk menyadari bahwa perasaan ini adalah hasil dari sebuah pertengkaran dengan ibunya kemarin malam. Sebagai seorang perawat terus mendengarkan, ada faktor yang membuat gadis itu berdebat dengan ibunya dan perasaan tertekan. Karena perasaan ini dibahas, gadis itu mengakui berdebat sebagai faktor pencetus yang menyebabkan depresi.
Dengan demikian perawat dan pasien telah menetapkan masalah. Anak dan orang tua kemudian setuju untuk mendiskusikan masalah tersebut dengan perawat. Jadi dengan saling menjelaskan dan mendefinisikan masalah dalam fase orientasi, pasien dapat mengarahkan energi yang terakumulasi dari kecemasan kebutuhan yang tak terpenuhi untuk lebih konstruktif berhadapan dengan masalah yang diajukan. Hubungan didirikan dan terus diperkuat sementara kekhawatiran sedang diidentifikasi.
          Saat pasien dan keluarga berbicara dengan perawat, keputusan bersama perlu dibuat tentang jenis layanan professional apa yang harus digunakakan. Perawat sebagai narasumber, dapat bekerja dengan pasien dan keluarga. Sebagai alternatif perawat membuat kesepakatan bersama dari semua pihak yang terlibat, lihat keluarga untuk sumber lain seperti psikolog, psikiater, atau pekerja sosial. Pada tahap orientasi, perawat, pasien dan merencanakan keluarga apa jenis layanan yang dibutuhkan.
          Tahap orientasi secara langsung dipengaruhi oleh sikap pasien dan perawat tentang memberi atau menerima bantuan. Oleh karena itu, dalam tahap awal perawat perlu menyadari reaksi diri kepada pasien. Perawatan adalah proses interpersonal, baik pasien dan perawat memiliki bagian yang sama penting dalam interaksi terapeutik.
          Perawat, pasien, dan keluarga bekerja sama untuk mengenali, memperjelas, dan mendefinisikan masalah yang ada. Hal ini dapat mengurangi ketegangan dan kecemasan terkait dengan kebutuhan yang dirasakan dan rasa takut yang tidak diketahui. Penurunan ketegangan dan kecemasan mencegah masalah lain yang timbul sebagai akibat dari represi. Situasi stres diidentifikasi melalui interaksi terapeutik. Sangat penting bahwa pasien mengenali dan mulai bekerja melalui apa yang dirasakan terkait dengan penyebab penyakitnya.
          Dengan demikian, pada awal fase orientasi, perawat dan pasien bertemu sebagai orang asing. Pada akhir fase orientasi, mereka secara bersamaan berusaha untuk mengidentifikasi masalah dan menjadi lebih nyaman satu sama lain. Para perawat dan pasien sekarang siap untuk maju ke tahap berikutnya (George, 1995).
Gambar 1.1 Faktor yang mempengaruhi hubungan perawat – pasien

2. Identifikasi
          Tahap berikutnya identifikasi, adalah dimana pasien merespon selektif terhadap orang-orang yang dapat memenuhi kebutuhannya. Perawat  membiarkan pasien mengeksplorasi perasaannya untuk membantu kondisinya yang sedang sakit sebagai pengalaman yang me-reorientasi perasaan dan kekuatan positif pada individu tersebut (Tomey & Alligood,1998).  Setiap pasien mempunyai respon berbeda dalam fase ini.. Tanggapan pasien terhadap perawat ada tiga macam: (1) berpartisipasi dan saling bergantung dengan perawat, (2) otonomi dan independen dari perawat, atau (3) menjadi pasif dan bergantung pada perawat. Contoh: Seorang pria berusia tujuh puluh tahun yang ingin merencanakan diet diabetes baru 1600 kalori. Jika hubungan adalah saling bergantung, perawat dan pasien berkolaborasi pada perencanaan makan. Jika hubungan menjadi independen, pasien akan berencana diet sendiri dengan masukan minimal dari perawat. Dalam hubungan tergantung, perawat melakukan perencanaan makan untuk pasien.
          Sepanjang fase identifikasi, baik pasien dan perawat harus menjelaskan persepsi masing-masing dan harapan. Bagian pengalaman dari pasien dan perawat akan memiliki titik tengah, apa harapan mereka selama proses interpersonal. Seperti disebutkan dalam fase orientasi, sikap awal dari pasien dan perawat sangat penting dalam membangun hubungan kerja untuk mengidentifikasi masalah dan memutuskan bantuan yang tepat. Persepsi dan harapan pasien dan perawat dalam fase identifikasi lebih kompleks dari pada fase sebelumnya. Pasien sekarang menanggapi seorang yang membantu secara selektif. Hal ini memerlukan hubungan terapeutik lebih intensif.
          Untuk menggambarkan hal tersebut, seorang pasien yang telah dilakukan mastektomi mungkin menceritakan kepada perawat ketidakmampuannya untuk memahami latihan lengan, yang sebelumnya telah dijelaskan kepadanya sebagai regimen penting setelah operasi. Perawat mengamati pengaruh lengan  menjadi edema (bengkak). Sementara perawat sedang menjajaki kemungkinan alasan untuk edema, pasien mengaku tidak melakukan latihan lengannya. Dalam rangka untuk memfasilitasi pemahaman pasien dan kembalinya latihan berikutnya, perawat dapat mengidentifikasi orang-orang profesional, seperti terapis fisik, perawat dan dokter, yang akan mengklarifikasi kesalahpahaman pasien. Umumnya, hal ini menjadi yang terbaik jika perawat obyektif membahas peran setiap orang serta keuntungan dan kerugian dari konsultasi dengan masing-masing orang tersebut. Namun, dalam kasus ini, pasien mungkin menyatakan bahwa dia tidak peduli untuk mendiskusikan latihan dengan perawat atau ahli terapi fisik karena dia merasakan hanya dokter memiliki informasi yang diperlukan.
          Sementara bekerja melalui fase identifikasi, pasien mulai memiliki rasa dan kemampuan menghadapi masalah, yang menurunkan perasaan tidak berdaya. Hal ini pada gilirannya menciptakan sikap optimistis dari mana kekuatan batin terjadi kemudian.

3. Eksploitasi
Setelah identifikasi, pasien bergerak ke tahap eksploitasi, di mana pasien dapat menilai keuntungan - keuntungan dari semua layanan kesehatan yang tersedia. Tingkat dimana layanan ini digunakan  berdasarkan pada kepentingan dan kebutuhan pasien (George,1995). Sedangkan pada buku yang ditulis oleh Tomey & Alligood (1998) disebutkan bahwa selama tahap eksploitasi, pasien berusaha untuk memperoleh nilai penuh dari apa saja yang ditawarkan saat melakukan relasi (relationship). Individu mulai merasakan sebagai bagian integral dari lingkungan  yang membantunya dan mengontrol situasi dengan cara memilah bantuan dari layanan yang ditawarkan.  Contoh: Wanita dengan lengan yang bengkak. Selama fase ini pasien mulai memahami informasi yang diberikan kepadanya untuk latihan lengan. Dia membaca pamflet dan sebuah film yang menggambarkan bentuk latihan lenganny; ia berdiskusi dengan perawat tentang masalah yang terkait, dan ia mungkin menanyakan tentang cara bergabung dengan kelompok latihan melalui bagian terapi fisik.
          Selama tahap ini, beberapa pasien kemungkinan menuntut lebih dibandingkan dengan ketika saat mereka sakit parah. Mereka mungkin mengajukan sedikit permintaan atau perhatian lain untuk mendapatkan teknik tergantung dari kebutuhan individu tersebut. Prinsip-prinsip teknik wawancara harus digunakan dalam rangka untuk menggali, memahami, memecahkan masalah yang mendasari. Penting bahwa perawat mengeksplorasi penyebab yang mungkin untuk perilaku pasien. Hubungan terapeutik harus dijaga yang ditunjukkan melalui  sikap penerimaan, perhatian, dan kepercayaan. Perawat harus mendorong pasien untuk mengenali dan mengeksplore perasaan, pikiran, emosi, dan perilaku dengan memberikan suasana yang tidak menghakimi dan iklim emosional terapeutik.
         Tujuannya bagi perawat dan pasien adalah mencoba mencapai tujuan yang telah dirumuskan sebelumnya. Sehingga memungkinkan suatu situasi dimana pasien dapat merasakan nilai hubungan sesuai pandangan/persepsinya terhadap situasi. Fase ini merupakan inti hubungan dalam proses interpersonal. Dalam fase ini perawat membantu klien dalam memberikan gambaran kondisi klien dan seluruh aspek yang terlibat didalamnya.
           
4. Resolusi
            Tahap terakhir dari proses antarpribadi Peplau adalah resolusi. Kebutuhan pasien telah dipenuhi oleh upaya kolaboratif dari perawat dan pasien. Pasien dan perawat sekarang perlu untuk mengakhiri hubungan terapi mereka dan membubarkan hubungan antara mereka. Secara bertahap klien melepaskan diri dari perawat. Resolusi ini memungkinkan penguatan kemampuan untuk memenuhi kebutuhannya sendiri dan menyalurkan energi ke arah realisasi potensi.
            Seringkali ini sangat sulit bagi kedua pasien dan perawat. Ketergantungan kebutuhan dalam hubungan terapeutik sering melanjutkan psikologis setelah kebutuhan fisiologis terpenuhi. Pasien mungkin merasa bahwa belum waktunya untuk mengakhiri hubungan. Contoh: Seorang ibu yang telah melahirkan sudah diperbolehkan pulang. Namun, setelah satu minggu, perawat menelfon untuk menanyakan mengenai perawatan bayi. Resolusi akhir juga mungkin sulit bagi perawat. Dalam contoh di atas, ibu mungkin bersedia untuk mengakhiri hubungan itu, tapi perawat dapat terus mengunjungi rumah untuk melihat bagaimana bayi berkembang. Perawat mungkin tidak dapat menjadi bebas dari ikatan ini dalam hubungan mereka. Kecemasan akan meningkat pada pasien dan perawat jika ada penyelesaian yang gagal.
            Selama fase resolusi berhasil dilakukan, maka pasien terlepas dari proses identifikasi untuk membantu seseorang (identifying with the helping person). Pasien akan menjadi independen dari perawat,seperti halnya perawat yang independen dari pasien. Sebagai hasil dari proses ini, pasien dan perawat menjadi individu yang kuat dan matur. Kebutuhan pasien dapat terpenuhi, dan dapat melangkah ke tujuan baru. Resolusi terjadi hanya bila semua fase/tahap dapat terlewati secara baik. Indikasi fokus dari masing – masing fase ada pada tabel di bawah ini :
Tabel 1.1 Fase Hubungan Perawat-Pasien
Fase
Fokus
Orientasi
Identifikasi
Eksploitasi

Resolusi
Fase untuk mendefinisikan masalah
Pemilihan bantuan profesional yang tepat
Penggunaan bantuan profesional sebagai alternatif pemecahan masalah
Pemutusan hubungan profesional

            Pandangan lain yang dianggap relevan dengan Hubungan Interpersonal perawat – pasien adalah peran perawat. Peplau secara terperinci menguraikan beberapa peran perawat, jika dilakukan dengan baik, maka hubungan interpersonal pun  akan akan menjadi baik sehingga berdampak pada kepuasan pasien. Peran-peran tersebut antara lain : 1) Stranger ; Peplau menyatakan bahwa, karena perawat dan pasien adalah orang asing diantara keduanya, maka perawat tidak boleh mendakwa pasien tetapi harus menerimanya seperti menerima dirinya sendiri,  2), Resource Person ; pada peran resource person, perawat menyediakan jawaban spesifik, khususnya informasi tentang kesehatan, dan menginterpretasikan ke pasien tentang penanganan atau rencana perawatan medis 3) Teaching role; Teaching role merupakan kombinasi dari semua peran. Peplau mengembangkan bentuk mengajarnya ke dalam dua kategori, yakni instructional yang berisi pemberian informasi dan format yang dijelaskan dalam literatur pendidikan, serta experiental yang digunakan oleh learner sebagai dasar dari produk pembelajaran. Konsep learning ini digunakan di dalam teaching role secara tumpang tindih dengan peran perawat sebagai konselor,karena konsep learning menggunakan tehnik psikoterapeutik 4) Leadership role ; leadership role meliputi proses demokratik. Perawat membantu pasien menemukan tugasnya/kewajibannya melalui hubungan yang kooperatif dan partisipasi aktif. 5) Surrogate role; pasien melimpahkan ke perawat dalam surrogate role ini. Fungsi perawat adalah membantu pasien mengenali persamaan antara dirinya dengan perawat tersebut. Pada fase ini, antara pasien dan perawat mengenali area dependen, independen dan terakhir interdependen, 6) Counseling role ; fungsi konseling pada hubungan perawat-pasien adalah sebagai jalan bagi perawat untuk merespon kebutuhan pasien.  (Tomey & Alligood, 1998).

2.4 Teori Peplau dan Metaparadigma Keperawatan
          Teori keperawatan biasanya berkembang menjadi empat konsep individu, kesehatan, masyarakat, dan keperawatan. Peplau menyebut manusia dengan istilah men, yakni suatu organisme yang hidup dalam equilibrium tidak stabil (Tomey & Alligood, 1998). Sedangkan George (1995) menjelaskan pengertian manusia menurut Peplau sebagai suatu organisme yang bekerja keras dengan caranya sendiri untuk mengurangi tekanan yang berupa kebutuhan. Kesehatan, didefinisikan sebagai "simbol kata yang mengimplikasikan pergerakan ke depan kepribadian dan proses-proses manusia lainnya ke arah yang produktif, kreatif, konstruktif, dan lingkungan komunitas" (Tomey & Alligood, 1998). Secara implicit,Peplau mendefinisikan lingkungan dengan istilah segala sesuatu yang berada di luar organism dan dalam konteks budaya/culture (Tomey & Alligood, 1998). Saat ini ketika seorang perawat mempertimbangkan lingkungan pasien, dia belajar banyak faktor, seperti latar belakang budaya,  rumah dan lingkungan kerja, bukan hanya mempertimbangkan penyesuaian pasien terhadap rutinitas rumah sakit. Persepsi yang sempit Peplau tentang masyarakat / lingkungan adalah keterbatasan utama dari teorinya. Teori ini tidak meneliti pengaruh-pengaruh lingkungan yang luas pada orang, tetapi lebih memfokuskan pada tugas-tugas psikologis (George, 1995). Keperawatan dideskripsikan sebagai tindakan terapeutik yang signifikan pada proses interpersonal. Fungsi hal ini adalah kooperatif dengan proses manusia lainnya yang membuat kemungkinan sehat seorang individu dalam suatu komunitas (Tomey & Alligood,1998). Sedangkan dalam buku George (1995), Peplau mendefinisikan keperawatan sebagai hubungan manusia antara individu yang sakit atau yang membutuhkan layanan kesehatan dan perawat mengenali atau merespon kebutuhan untuk dibantu

2.5 Hubungan Antara Tahapan Peplau dan Proses Keperawatan
          Kontinum Peplau pada empat fase orientasi, identifikasi, eksploitasi, dan resolusi dapat dibandingkan dengan proses keperawatan seperti yang dibahas dalam (Tabel 1.1). Proses keperawatan didefinisikan sebagai "aktivitas intelektual’’ yang disengaja dimana praktek keperawatan didekati secara tertib, sistematis.
          Ada banyak kesamaan antara proses keperawatan dan fase interpersonal Peplau. Fase Peplau dan proses keperawatan berurutan dan fokus pada interaksi terapeutik. Keduanya bila menemui “stress” harus menggunakan tehnik problem solving secara kolaboratif, dengan tujuan akhir adalah menemukan kebutuhan pasien.. Keduanya menggunakan observasi, komunikasi, dan recording sebagai alat dasar untuk praktek perawat.
          Ada perbedaan juga antara fase Peplau dan proses keperawatan. Keperawatan profesional saat ini memiliki pengertian tujuan yang lebih jelas dan memiliki area praktek yang spesifik. Keperawatan beranjak dari peran physician’s helper ke arah consumer advocay.


Tabel 1.2. Perbandingan Proses Keperawatan dan Fase Peplau
Proses Keperawatan
Fase Peplau
    (1) Pengkajian
Pengumpulan data dan analisis
Tidak perlu selalu berarti "kebutuhan yang dirasakan" mungkin diinisiasi oleh perawat.






·    (2) Diagnosa keperawatan
Ringkasan pernyataan berdasarkan analisis perawat.

·    (3)Perencanaan
Saling menetapkan tujuan.





·    (4) Pelaksanaan
Rencana diinisiasi ke arah pencapaian tujuan  yang telah ditetapkan.
Mungkin dipenuhi oleh pasien, health care professional atau keluarga pasien.


·    (5) Evaluasi
Berdasarkan penetapan perilaku akhir yang diharapkan.
Dapat menyebabkan penghentian/terminasi hubungan atau inisiasi rencana baru.
·    (1) Orientasi
Perawat dan pasien datang bersama-sama sebagai orang asing, pertemuan yang diinisiasi oleh pasien yang mengungkapkan "kebutuhan yang dirasakan", bekerja sama untuk mengenali, memperjelas, dan mendefinisikan fakta terkait dengan kebutuhan.
(Catatan: pengumpulan data kontinu).

(2) Pasien memperjelas "kebutuhan yang dirasakan."


·     (3) Identifikasi
Penetapan tujuannya adalah Saling bergantung/interdependen. Pasien mempunyai perasaan memiliki dan respon selektif terhadap siapa yang memenuhi kebutuhannya.

·    (4) Eksploitasi
Pasien secara aktif mencari dan menggambar yang dituangkan pada pengetahuan dan keahlian dari mereka yang dapat membantu.



·    (5) Resolusi
Terjadi setelah fase lain yang berhasil diselesaikan secara lengkap.
Menyebabkan penghentian/terminasi hubungan.
         
          Peplau mengidentifikasi kebutuhan, frustasi, konflik, dan kecemasan sebagai konsep utama pada situasi keperawatan. Tahap orientasi Peplau yang sejajar dengan awal fase pengkajian bahwa baik perawat dan pasien datang bersama-sama sebagai orang asing. Pertemuan ini diprakarsai oleh pasien yang menyatakan kebutuhan, meskipun kebutuhan tidak selalu bisa dipahami. Secara bersama, perawat dan pasien mulai bekerja melalui mengenali, memperjelas dan mendefinisikan fakta terkait kebutuhan ini. Langkah ini disebut sebagai pengumpulan data dalam tahap penilaian dari proses keperawatan.
          Pada proses keperawatan, diagnosa keperawatan mengatasi satu masalah atau defisit kesehatan yang teridentifikasi. Diagnosis keperawatan adalah ringkasan pernyataan dari data yang dikumpulkan. Peplau menyatakan bahwa "selama periode orientasi pasien menjelaskan kesan keseluruhan masalahnya", sedangkan dalam proses keperawatan, perawat menyimpulkan diagnosis dari data yang dikumpulkan.
Tahap berikutnya pada proses keperawatan adalah perencanaan. Dalam tahap perencanaan proses keperawatan, perawat secara khusus merumuskan bagaimana pasien akan mencapai tujuan yang ditetapkan. Pada Peplau menekankan bahwa perawat ingin mengembangkan hubungan terapeutik sehingga kecemasan pasien akan disalurkan secara konstruktif untuk mencari sumber daya, sehingga menurunkan perasaan putus asa. Langkah dalam perencanaan masih dapat dipertimbangkan dalam fase identifikasi Peplau.
          Pada tahap implementasi, seperti dalam fase eksploitasi Peplau, pasien akhirnya menuai manfaat dari hubungan terapeutik dengan menggambarkan pada pengetahuan dan keahlian perawat. Dalam kedua fase (implementasi dan eksploitasi), rencana individual telah terbentuk, berdasarkan kepentingan dan kebutuhan pasien. Oleh karena itu, dalam kedua tahap rencana yang diprakarsai menuju penyelesaian tujuan yang diinginkan. Ada perbedaan implementasi dan eksploitasi., pada fase eksploitasi,  pasien adalah orang yang aktif mencari berbagai jenis layanan untuk memperoleh manfaat maksimal yang tersedia sedangkan implementasi ditentukan oleh rencana atau melaksanakan prosedur. Eksploitasi berorientasi pada pasiean, sedangkan pelaksanaannya dapat dilakukan oleh pasien atau oleh orang lain termasuk para profesional kesehatan dan keluarga pasien.
          Pada fase resolusi Peplau, fase-fase lainnya telah berhasil dipenuhi,  kebutuhan telah dipenuhi serta resolusi dan pemberhentian adalah hasil akhir. Dalam proses keperawatan, evaluasi merupakan langkah terpisah, dan penetapan perilaku akhir yang diharapkan digunakan sebagai alat untuk evaluasi.  Dalam evaluasi, jika situasinya jelas, masalah bergerak ke arah penghentian. Jika masalah tidak terselesaikan, bagaimanapun tujuan dan sasaran tidak tercapai, dan jika perawatan tidak efektif, penilaian ulang harus dilakukan. Tujuan-tujuan baru, perencanaan, implementasi dan evaluasi kemudian disusun.

2.6 Penerimaan Teori oleh Komunitas Keperawatan
1.    Praktek Keperawatan
Grace Sills menyatakan bahwa, Peplau memberikan perspektif baru, arahan baru, teori – teori yang dijadikan dasar praktek keperawatan untuk tindakan terapeutik dengan pasien. Ide Peplau menjelaskan desain untuk praktek keperawatan jiwa dengan lengkap (Tomey & Alligood, 1998).
2.    Pendidikan Keperawatan
Buku Peplau yang berjudul “Interpersonal Relation in Nursing” ditulis khusus untuk membantu lulusan perawat dan mahasiswa keperawatan. Tulisan – tulisan Peplau berampak pada tokoh – tokoh keperawatan lain yang juga menulis buku. Mereka menyatakan bahwa ide Teori Peplau, terutama definisi terhadap keperawatan dan proses keperawatan, pengembangan dari teori kecemasan dan pembelajaran, serta metode psikoterapeutik, menjadi bagian dari seleksi alam dari disiplin ilmu keperawatan (Tomey & Alligood, 1998)

3.    Penelitian Keperawatan
Statement Sills mengenai hasil kerja Peplau dipengaruhi oleh pekerjaannya di klinik dan hasil studi, dimana hasil tersebut digunakan dalam penlitian sebagai alat untuk meningkatkan batang tubuh pengetahuan keperawatan. Pada penelitian – penelitian awal mengikuti asumsi bahwa masalah pasien terjadi pada fenomena individu dan dieksplorasi dalam hubungan perawat – pasien. Thomas, Baker dan Estes menggunakan konsep kecemasan Peplau sebagai suatu makna untuk memecahkan perasaan marah secara konstruktif melalui proses pembelajaran pada hubungan perawat – pasien (Tomey & Alligood, 1998). 

2.7 Keterbatasan Teori Peplau
        Beberapa keterbatasan teori peplau meliputi kurangnya penekanan pada health promotion dan pemeliharaan kesehatan ; bahwa dinamika intra keluarga, pertimbangan ruang individu, serta layanan sumberdaya sosial komunitas/masyarakat juga kurang diperhatikan. Teori Peplau juga tidak dapat digunakan untuk pasien yang tidak bisa mengekspresikan kebutuhannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Eagle Belt Buckles